PROTA


PROGRAM TAHUNAN

Nama Madrasah          : MTs Nurul- Qolbi
Mata Pelajaran            : IPS
Kelas/ Semester           : VII/ 1&2
Tahun Pelajaran           : 2009/2010

No
Nomor
SK / KD
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar/ Indikator
Alokasi
Waktu
Keterangan
1
1
Memahami lingkungan kehidupan manusia.

10 x 40  
10 JP

1.1
Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
8 x 40
8 JP

1.1.1
Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan   terjadinya     bentuk muka bumi.





1.1.2
Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.




1.1.3
Mendeskripsikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.




1.1.4
Mengindentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.




1.1.5
Mendeskripsikan  proses pelapukan



1.1.6
Mendeskripsikan  proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya..





1.1.7
Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi



1.1.8
Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.








1.2
Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia
2 x 40
2 JP

1.2.1
Menjelaskan pengertian  dan kurun waktu masa pra –aksara



1.2.2
Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara



1.2.3
Mendeskripsikan perkembangan kehidupan  pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.



1.2.4
Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.



1.2.5
Melacak  kedatangan dan  persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah




Ulangan

2 JP


Ulangan Mid semester

2 JP





2
2
Memahami kehidupan sosial manusia.

12 x 40
12 JP

2.1
Menjelaskan kaitan interaksi sosial dan proses sosial.
2 x 40
2 JP

2.1.1
Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.




Ulangan

2 JP


Ulangan Semester

2 JP






2.2
Mendeskripsikan sosialisasi sebagai  proses pembentukan kepribadian
6 x 40
6 JP

2.2.1
Menjelaskan pengertian dan pentingnya proses sosialisasi.



2.2.2
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi.




2.2.3
Menguraikan fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.









2.3
Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial

4 x 40
4 JP

2.3.1
Menjelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.



2.3.2
Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial.






Ulangan

2 JP


Mid Semester

2 JP





3
3
Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan

10 x 40
10 JP

3.1
Mendes-krepsikan  manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang  bermoral dalam memenui kebutuh
4 x 40
4 JP

3.1.1
Mendeskripsikan  hakekat manusia    sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral



3.1.2
Mengidentifikasi  makna manusia sebagai    makhluk sosial  dan makhluk  ekonomi yang bermoral



3.1.3
Mengidentifikasi ciri-citi makhluk sosial dan makhluk ekonomi yangbermoral



3.1.4
Mewujudkan  hubungan yang harmonis antarmanusia sebagai makhluk sosial & ekonomi   yang bermoral








3.2
Mengidentifikasi  tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari

6 x 40
6 JP

3.2.1
Mendeskripsikan perilaku  manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya



3.2.2
Mendeskripsikan berbagai tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia




3.2.3
Mendefinisikan pengertian motif dan prinsip  ekonomi.




3.2.4
Mengidentifikasi macam-macam motif  dan prinsip  ekonomi.




3.3.5
Mengaplikasikan  kegiatan  /  tindakan ekonomi sehari-hari  berdasar motif dan   prinsip   ekonomi.




3.3.6
Mengidentifikasi manfaat /pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari




Ulangan

2 JP


Ulangan Semester

2 JP
Jumlah




Mengetahui/Menyetujui                                                                       Tajurhalang, 12 Juli 2009
Kepala Madrasah MTs Nurul – Qolbi                                      Guru Mata Pelajaran



Usman Jaya, S. Pd                                                                   Mubarok, S. Sos. I,
                                                                       
PROGRAM TAHUNAN

Nama Madrasah          : MTs Nurul - Qolbi
Mata Pelajaran            : IPS
Kelas/ Semester           : VIII/ 1&2
Tahun Pelajaran           : 2009/2010

No
Nomor
SK / KD
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar/ Indikator
Alokasi
Waktu
Keterangan
1
1
Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.

24 x 40
24 JP

1.1
Menggunakan peta, atlas,dan globe, untuk mendapat-kan informasi keruangan

6 x 40
6 JP

1.1.1
·   Membedakan peta, atlas, dan globe.


·   Mengidentifikasi jenis,bentuk dan pemanfaatan peta.


·   Mengidentifikasi informasi geografis dari peta, atlas dan globe.












·   Mengartikan berbagai skala.




·   Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat




1.1.2




1.1.3









1.2

6 x 40
6 JP

1.2.1




1.2.2









1.3

4 x 40
4 JP

1.3.1




1.3.2




1.3.3







2 JP




2 JP






1.4

4 x 40
4 JP                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         

1.4.1




1.4.2









1.5

4 x 40
5 JP

1.5.1




1.5.2




1.5.3







2 JP




2 JP





2
2

24 x 40
24 JP

2.1

4 x 40
4 JP

2.1.1




2.1.2




2.1.3









2.2

4 x 40
4 JP

2.2.1




2.2.2




2.2.3









2.3
Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan peranannya dalam kemajuan kebudayaan/ peradaban islam pada masa Dinasti Al-Ayyubiyah
6 x 40
6 JP

2.3.1
Menyebutkan tokoh ilmuwan muslim dalam bidang-bidang ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Al-Ayyubiyah



2.3.2
Menjelaskan peranan tokoh ilmuwan muslim dalam kemajuan kebudayaan/ peradaban islam pada masa Dinasti Al-Ayyubiyah




Ulangan

2 JP


Mid Semester

2 JP






2.4
Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradaban islam pada masa Dinasti Al-Ayyubiyah untuk masa kini dan yang akan datang
6 x 40
6 JP

2.4.1
Menjelaskan ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradaban islam pada masa Dinasti Al-Ayyubiyah



2.4.2
Mengimplementasikan ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradaban islam pada masa Dinasti Al-Ayyubiyah dengan kehidupan untuk masa kini dan yang akan datang








2.5
Meneladani sikap keperwiraan Shalahudin Al-Ayyubi
4 x 40
4 JP

2.5.1
Menjelaskan biografi Shalahudin Al-Ayyubi



2.5.2
Menjelaskan sifat-sifat Shalahudin Al-Ayyubi



2.5.3
Meneladani sikap keperwiraan Shalahudin Al-Ayyubi




Ulangan

2 JP


Semester

2 JP










Jumlah



Mengetahui/Menyetujui                                                          Tajurhalang, 12 Juli 2009
Kepala Madrasah MTs NURUL - QOLBI                             Guru Mata Pelajaran



H. Ahmad Zarkasyi Z, Lc                                                       Musyrifah, S.Ag,
                                                                                                NIP. 197105162005012003






PROGRAM TAHUNAN

Nama Madrasah          : MTs Nurul - Qolbi
Mata Pelajaran            : IPS
Kelas/ Semester           : IX/ 1&2
Tahun Pelajaran           : 2009/2010

No
Nomor
SK / KD
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar/ Indikator
Alokasi
Waktu
Keterangan
1
1
Memahami perkembangan Islam di Indonesia
26 x 40
26 JP

1.1
Menceritakan sejarah mauknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
8 x 40
8 JP

1.1.1
Menjelaskan sejarah masuknya islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran



1.1.2
Menjelaskan strategi msuknya islam di Nusantara melalui sosial



1.1.3
Menjelaskanmasuknya islam di Nusantara melalui pengajaran








1.2
Menceritakan sejarah beberapa kerajaan islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
8 x 40
8 JP

1.2.1
Menjelaskan perkembangan kerajaan islam di Jawa



1.2.2
Menjelaskan perkembangan kerajaan islam di Sumatera



1.2.3
Menjelaskan perkembangan kerajaan islam di Sulawesi




Ulangan

2 JP


Mid Semester

2 JP






1.3
Mengidentifikasi para tokoh dan peranannya dalam perkembangan islam di Indonesia
6 x 40
6 JP

1.3.1
Menyebutkan tokoh-tokoh di P.Jawa dan peranannya dalam perkembangan islam di Indonesia (Wali Songo)



1.3.2
Menyebutkan tokoh-tokoh di P.Sumatera dan peranannya dalam perkembangan islam di Indonesia



1.3.3
Menyebutkan tokoh-tokoh di P.Sulawesi dan peranannya dalam perkembangan islam di Indonesia








1.4
Meneladani semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan islam di Indonesia
4 x 40
4 JP

1.4.1
Menjelaskanjasa-jasa para tokoh yang berperan dalam perkembangan islam di Indonesia



1.4.2
Meneladani semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan islam di Indonesia




Ulangan

2 JP


Semester

2 JP





2
2
Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara
18 x 40
8 JP

2.1
Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
8 x 40
8 JP

2.1.1
Menjelaskan proses akulturasi budaya antara tradisi islam dengan tradisi lokal



2.1.2
Mengidentifikasi ciri-ciri budaya lokal sebagai bagian dari tradisi islam



2.1.3
Memberi contoh seni budaya tradisi lokal Indonesia yang merupakan bagian dari tradisi Islam Nusantara




Ulangan

2 JP


Mid Semester

2 JP






2.2
Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara
10 x 40
10








































































































































Mengetahui/Menyetujui                                                          Tajurhalang, 12 Juli 2009
Kepala Madrasah MTs NURUL - QOLBI                             Guru Mata Pelajaran



H. Ahmad Zarkasyi Z, Lc                                                       Musyrifah, S.Ag,
                                                                                                NIP. 197105162005012003

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Lebih Dekat Masjid Sendok

Komunikasi Via Telepon

Gelar guru dan Mualim di tanah Citayam ditelan Zaman