pengertian pelanggan
Pengertian Pelanggan
Pengertian pelanggan menurut para ahli bermacam-macam, tergantung tingkat kemampuan dan latar belakang masing-masing, ada pun pengertian pelanggan adalah sbb:
1. Bagian terpenting dalam usaha sesuatu perusahaan
2. Orang atau merupakan lembaga yang melakukan pembelian berulang-ulang
3. Orang yang tidak bergantung pada diri kita tetapi sebaliknya kitalah yang bergantung padanya
4. Pelanggan bukan hanya mendatangkan uang tetapi juga sebagai manusia yang mempunyai perasaan dan keinginan yang harus dihormati
5. Seseorang yang membina hubungan baik dengan orang lain khususnya produsen yang kita tawarkan
6. Orang yang memperhatikan perhatian penuh terhadap produk-produk yang kita tawarkan
7. Orang atau organisasi, instansi yang melakukan pembelian produk secara berulang-ulang
Jenis pelanggan
Pada dasarnya ada dua jenis pelanggan, yaitu pelanggan eksternal dan pelanggan internal.
Pelanggan eksternal adalah : orang yang diluar industry yang menerima suatu produk ( end user). Pelanggan eksternal setiap industry jelas adalah masyarakat umum yang menerima produk industry tersebut. Beberapa hal yang diperlukan pelanggan ekternal adalah :
· Kesesuaian dengan kebutuhan akan produk
· Harga yang kompetitif
· Kualitas dan reabilitas
· Pengiriman yang tepat waktu
· Pelayanan purna jual
Pelanggan internal adalah : yang melakukan proses selanjutnya dari suatu pekerjaan (next proses) pelanggan internal merupakan seluruh karyawan dari suatu industry. Yang diperlukan pelanggan internal adalah :
· Kerja kelompok dan kerjasama
· Struktur dan system yang efisien
· Pekerjaan yang berkualitas
· Pengiriman yang tepat waktu
Komentar
Posting Komentar